Masakan Khas
Cari aneka masakan khas
seluruh nusantara.
Home » » Sop Senerek Masakan Khas Kota Magelang

Sop Senerek Masakan Khas Kota Magelang

Written By Unknown on Senin, 01 September 2008 | 18.43

    Sop Senerek Masakan Khas Kota Magelang
    Sop Senerek

    Apa persamaan antara Getuk Magelang dan Sop Senerek? Jawabannya adalah, kedua makanan tersebut sama-sama berasal dari Kota Magelang. Namun, meski berasal dari kota yang sama, ada satu hal yang membedakan keduanya. Jika Getuk Magelang merupakan makanan berbahan dasar ketela dengan resep asli Indonesia, Sop Senerek adalah makanan yang terpengaruh oleh resep masakan Belanda.
    Sop Senerek merupakan makanan favorit penduduk Kota Magelang yang telah ada sejak zaman pendudukan Belanda di Indonesia. Kata Senerek sendiri bermula dari bahasa Belanda “Snert” yang artinya kacang polong. Untuk memudahkan pengucapan, warga Magelang zaman dulu mengubah kata Snert menjadi Senerek. Namun pengadopsian kata ini sebenarnya juga kurang sesuai karena bahan dasar Sup Senerek bukanlah kacang polong yang berwarna hijau melainkan kacang merah.
    Menikmati semangkuk Sop Senerek yang berisi daun bawang, kacang merah, bayam, potongan iga sapi serta kuah panas yang beraroma sedap, ditemani rintik hujan sore hari di Kota Magelang akan menjadi pengalaman yang selalu ingin Anda ulang.
    Bahan utama untuk membuat sup ini adalah kacang merah dan potongan iga sapi. Proses memasak Sop Senerek tidak jauh berbeda dengan memasak sup lainnya. Hanya saja Sup Senerek membutuhkan waktu yang agak lama. Hal ini dikarenakan lamanya proses pengempukan kacang merah dan iga sapi. Semakin lama memasak, kuah atau kaldu yang dihasilkan akan semakin lezat dan rasa bumbu-bumbu akan menyatu. Setelah kacang merah dan iga sapi hampir empuk, masakan tersebut ditambah pula dengan irisan wortel, daun bawang, serta bayam. Bagi Anda yang mengalami gejala flu, sup ini sangat bagus untuk dikonsumsi. Hal ini dikarenakan Sup Senerek kaya akan protein dan vitamin yang diperlukan bagi kekebalan tubuh. Apalagi jika ditambahkan dengan sedikit sambal atau kecap, sensasi rasa Sup Senerek dijamin semakin membuat lidah bergoyang.

    Harga Sop Senerek per Porsi

    Hanya dengan mengeluarkan uang sebesar Rp7.000,00 pengunjung sudah dapat menikmati semangkuk Sop Senerek yang lezat ini bersama sepiring nasi putih.  Hampir di setiap sudut Kota Magelang terdapat warung yang menyajikan Sop Senerek sebagai menu utamanya. Namun, ada satu warung yang terkenal dan ramai dikunjungi pembeli, yaitu Warung Bu Atmo. 

    Sop Senerek Masakan Khas Kota Magelang
    Sop Senerek bu Admo

    Warung Sop Senerek Bu Atmo sudah ada sejak tahun 1967. Warung ini terletak kira-kira 2 kilometer dari Alun-alun Kota Magelang, tepatnya di Jalan Mangkubumi, kawasan Jendralan Magelang.
SHARE

About Unknown