Masakan Khas
Cari aneka masakan khas
seluruh nusantara.
Home » » Nasi Ayam Lodho Kuliner Khas Tulungagung

Nasi Ayam Lodho Kuliner Khas Tulungagung

Written By Unknown on Selasa, 18 Maret 2008 | 16.39

Nasi Ayam Lodho Kuliner Khas Tulungagung
Nasi Ayam Lodho

Salah satu jenis makanan khas tradisional yang menjadi kebanggaan masyarakat Kabupaten Tulungagung adalah nasi ayam lodho, masakan dengan bahan dasar ayam dengan rempah-rempah resapan bumbu bersantan.Nasi ayam Lodho adalah menu warisan leluhur orang asli Tulungagung. Sejak zaman dahulu kala, nasi ayam lodho selalu menjadi menu wajib yang harus tersedia di setiap acara perjamuan, termasuk pesta, syukuran, perkawinan, dan acara-acara khusus lainnya. Tulungagung sendiri pada mulanya adalah wilayah yang termasuk dalam naungan Kerajaan Kadiri yang beribukota di Daha (sekarang menjadi Kota Kediri).

Keberadaan nasi ayam lodho sebagai warisan dari orang-orang terdahulu ternyata masih lestari hingga sekarang, bahkan dengan tetap mempertahankan resep aslinya, yakni dengan racikan bumbu rempah-rempah yang sangat mungkin sukar untuk ditiru oleh bangsa lain. Orang-orang yang masih melestarikan masakan tradisional ini kebanyakan sudah berusia lanjut, dan tentunya diharapkan keaslian resep nasi ayam lodho dapat dipertahankan selama mungkin.

Dilihat dari wujudnya, nasi ayam lodho mungkin sedikit serupa dengan opor atau kare ayam karena sama-sama berjenis masakan bersantan. Akan tetapi, nasi ayam lodho Tulungagung punya kekuatan cita rasa tersendiri. Selain memakai ayam kampung yang tentunya jauh lebih lezat ketimbang ayam negeri, bumbu-bumbu berupa rempah-rempah asli Indonesia menjadi salah satu faktor penentu yang membuat masakan nasi ayam lodho menjadi begitu spesial di lidah, dan pastinya mengenyangkan perut.

Ciri khas nasi ayam lodho Tulungagung sebenarnya terletak pada citarasa pedasnya. Ada beberapa tempat makan di Tulungagung yang khusus menyediakan menu nasi ayam lodho dengan rasa yang pedasnya super nendang, dan oleh karena itu, masakan nasi ayam lodho yang seperti ini disebut dengan nama “nasi ayam lodho setan” karena saking pedasnya. Selain jumlah cabai yang dipergunakan sangat banyak, cabai-cabai itu direbus bersama kuah lodeh sehingga pedasnya lebih terasa menyengat namun justru menambah nikmat. Namun, bagi Anda yang bukan penyuka masakan pedas, tidak usah khawatir karena kadar pedas nasi ayam lodho bisa disesuaikan dengan selera Anda, tergantung jumlah cabainya.

Selain nuansa pedasnya yang menggigit, keistimewaan nasi ayam lodho juga terletak pada racikan bumbu rempah dan santannya. Ayam kampung yang notabene sudah berasa enak kian terasa maknyus dengan resapan bumbu rempah-rempah yang menggoyang lidah. Daging ayam kampung yang empuk semakin terasa nyata nikmatnya dengan ramuan khas warisan nenek moyang. Pokoknya, sekali Anda menjajal masakan ini, dijamin akan ketagihan.

Untuk menghasilkan citarasa nasi ayam lodho yang sempurna, daging ayam hendaknya diolah dengan melalui dua tahapan. Pertama, daging direbus dahulu dalam rendaman santan kelapa dan racikan berbagai jenis rempah-rempah, antara lain: cabai rawit, daun salam, lengkuas, serai, daun jeruk, garam, bawang putih, bawang merah, kemiri, ketumbar, dan jinten bubuk. Kedua, setelah santan dan bumbu rempah-rempah benar-benar meresap, daging kemudian dibakar atau dipanggang di atas bara api dengan bahan bakar arang, baru kemudian disajikan bersama nasi putih hangat dan urap sebagai menu pelengkapnya.

Harga Nasi Ayam Lodho per Porsi

Nasi ayam lodho dijual dengan harga yang bervariasi sesuai dengan daging ayam yang dikehendaki pembeli. Untuk nasi ayam lodho porsi biasa dengan suwiran atau potongan daging ayam dipatok harga Rp. 5000,00. Jika Anda menginginkan dada ayam atau bisa juga jeroan ayam, maka banderolnya sedikit naik menjadi sekitar Rp. 7000,00. Harga nasi ayam lodho akan meningkat lagi apabila pembeli menghendaki potongan daging ayam yang besar, yakni sampai dengan Rp. 10.000,00 untuk tiap porsinya.

Masakan tradisional nasi ayam lodho dapat Anda temukan di banyak tempat di Kabupaten Tulungagung dan sekitarnya. Salah satu warung makan nasi ayam lodho yang terkenal di Tulungagung adalah yang berlokasi di Jalan Dr. Soetomo, Jalan WR Soepratman, Jalan Ki Mangun Sarkoro, Plusukandang, Sukoanyar, dan di beberapa tempat lainnya di Kabupaten Tulungagung.

Di tempat-tempat yang telah disebutkan di atas, ada beberapa warung makan yang khusus menyediakan nasi ayam lodho super pedas, namun juga ada yang bisa disesuaikan dengan selera Anda. Anda juga bisa memilih, apakah ayam lodho yang Anda pesan akan disantap bersama nasi beras (padi) atau nasi tiwul (ketela). Selain nasi ayam lodho, di sejumlah rumah makan tersebut Anda juga memesan jenis masakan khas Tulungagung lainnya, seperti kare menthok, ayam bakar bumbu kecap, sop ayam, dan lain sebagainya.

SHARE

About Unknown