Masakan Khas
Cari aneka masakan khas
seluruh nusantara.
Home » » Legitnya Bakpia Pathok Yogyakarta

Legitnya Bakpia Pathok Yogyakarta

Written By Unknown on Senin, 15 September 2008 | 23.52

Bakpia Pathuk

Bakpia Pathok merupakan penganan khas Yogyakarta yang sudah dikenal luas oleh masyarakat. Banyak wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta menjadikan Bakpia sebagai oleh-oleh wajib bagi kerabat mereka di rumah. Namun, satu hal yang perlu Anda ketahui, Bakpia sebenarnya bukanlah makanan yang berasal asli dari Yogyakarta, melainkan berasal dari China.

Di negara asalnya, Bakpia memiliki nama asli Tou Luk Pia (berasal dari dialek Hokkian) yang secara harafiah berarti kue yang berisi daging. Entah lidah siapa yang pertama kali ‘terpeleset’ menyebutnya menjadi Bakpia. Meskipun berasal dari China, Bakpia yang ada di Yogyakarta telah mengalami adaptasi rasa dan evolusi bentuk yang disesuaikan dengan lidah masyarakat lokal. Bakpia yang ada di Yogyakarta tidak lagi berisi daging, melainkan berisi kacang hijau. Lantas bagaimana awal mula Bakpia menjadi makanan khas Yogyakarta?

Pada tahun 1948, ada keluarga keturunan Tionghoa bernama Goei Gee Oe yang mencoba membuat Bakpia sebagai industri rumahan. Saat itu Bakpia buatannya tidak dijual di toko melainkan dijajakan secara eceran, dari rumah ke rumah. Bakpia buatan Goei Gee Oe itu juga belum dikemas dan diberi label seperti saat ini, melainkan hanya dimasukkan dalam besek (wadah makanan berbentuk kotak yang terbuat dari anyaman bambu).

Setelah sekian lama berlalu, peminat Bakpia pun semakin meningkat, sehingga pada tahun 1980 mulai muncul produsen-produsen Bakpia di kawasan Pathok. Kali ini para pembuat Bakpia tidak lagi menjualnya dari pintu ke pintu melainkan sudah membuka toko di rumahnya. Bakpia pun dikemas menggunakan dos atau kertas karton dengan merk dagang berupa nomer rumah pembuatnya dan dikenal dengan nama Bakpia Pathuk. Pelabelan Bakpia dengan merk dagang berupa nomor rumah itu masih tetap bertahan hingga saat ini. Oleh karena itu, Anda tidak perlu bingung saat melihat merk Bakpia yang terdiri dari angka-angka yang berbeda.

Manis, legit, dan gurih. Itu adalah kata yang biasa muncul dari orang-orang yang baru saja menikmati Bakpia. Tentu saja hal itu benar. Rasa manis dan legit tercipta dari campuran kacang hijau dan gula sebagai isi Bakpia. Sedangkan rasa gurih muncul dari kulit luar yang terbuat dari adonan tepung dicampur dengan minyak nabati yang kemudian dipanggang. Perpaduan rasa itu menimbulkan kenikmatan tersendiri dalam setiap gigitannya.

Dapur Pembuatan Bakpia Pathuk


Seiring dengan tuntutan pelanggan, saat ini Bakpia tidak hanya berisikan kacang hijau saja. Bagi Anda yang suka keju, saat ini telah hadir Bakpia dengan isi keju. Selain itu, ada juga Bakpia dengan isi kumbu hitam dan cokelat. Citarasa yang muncul pun menjadi semakin bervariasi sehingga tidak membosankan pelanggannya.

Toko Bakpia yang ada di kawasan Pathuk Yogyakarta tidak hanya menjual Bakpia saja. Namun, mereka juga menawarkan pesona wisata tersendiri yakni pembeli diijinkan melihat proses pembuatan Bakpia. Tak hanya itu, toko yang sekaligus pabrik ini juga memperbolehkan wisatawan untuk turut serta mencoba membuat Bakpia, mencampur adonan isi dengan kulit kemudian memanggangnya. Tentu saja ini menjadi satu keistimewaan tersendiri. Selain bisa mendapatkan Bakpia dengan rasa sesuai selera, pembeli juga mendapatkan wawasan baru tentang cara pembuatan Bakpia.

Harga Satu Kotak Bakpia Pathok


Harga satu kotak Bakpia bervariasi tergantung dari jumlah, isi, dan merknya. Bakpia dengan isi coklat atau keju tentu lebih mahal dibandingkan dengan Bakpia isi kacang hijau. Rata-rata harga satu kotak Bakpia berkisar antara Rp 15.000,00 – Rp. 25.000,00.Harga satu kotak Bakpia bervariasi tergantung dari jumlah, isi, dan merknya. Bakpia dengan isi coklat atau keju tentu lebih mahal dibandingkan dengan Bakpia isi kacang hijau. Rata-rata harga satu kotak Bakpia berkisar antara Rp 15.000,00 – Rp. 25.000,00.

Harga Bakpia Pathok

Menemukan oleh-oleh khas Kota Yogyakarta ini merupakan hal yang mudah, karena hampir semua toko oleh-oleh yang tersebar di Yogyakarta menjual penganan khas ini. Namun, jika Anda ingin melihat proses pembuatannya, lebih baik Anda membelinya di pusat pembuatan Bakpia ini, yakni di Jalan Aip II KS Tubun, Pathuk, Ngampilan, Kecamatan Wirobrajan, Kota Yogyakarta, Provinsi DIY.

Daerah yang terletak di belakang kawasan Malioboro ini mudah dicapai menggunakan becak, andong, kendaraan bermotor, maupun berjalan kaki. Di Pathuk, Anda dapat memilih Bakpia sesuka hati. Karena di kawasan itu terdapat banyak toko Bakpia yang menjual Bakpia dengan berbagai macam rasa.
SHARE

About Unknown