Masakan Khas
Cari aneka masakan khas
seluruh nusantara.
Home » » Soto Banjar Bang Amat, Kuliner Khas Kalimantan Selatan

Soto Banjar Bang Amat, Kuliner Khas Kalimantan Selatan

Written By Unknown on Selasa, 05 Agustus 2008 | 02.45

Soto Banjar Bang Amat, Kuliner Khas Kalimantan Selatan
Soto Banjar Dengan Irisan Lontong

Kuliner khas yang wajib dicoba bagi wisatawan yang berkunjung ke Kalimantan Selatan adalah Soto Banjar. Dari sekian banyak restoran, rumah makan, maupun warung yang menyediakan menu Soto Banjar, Warung Soto Banjar Bang Amat adalah salah satu warung yang direkomendasikan. Setiap hari, apalagi selepas jam istirahat siang, warung ini selalu penuh sesak. Kesibukan karyawan yang membawa piring soto dan gelas pesanan akan selalu dilihat.Warung soto ini buka mulai pukul 07.00 Wita. Keramaian akan segera terlihat mulai pukul 08.00 Wita. Supaya tidak terjadi antrian yang panjang, biasanya piring yang sudah berisi bahan-bahan untuk soto disusun berjejer pada sebuah meja khusus. Sehingga pada saat pengunjung datang, karyawan warung tinggal mengambil piring dan memberinya kuah soto.

Pemilik warung ini adalah H. Ahmad Lawwani. Supaya mudah diingat, H. Ahmad lantas menyingkat namanya menjadi Amat untuk dijadikan nama warung sotonya. lokasinya warungnya pun sangat eksotis, berada di tepi Sungai Pengambangan (anak Sungai Martapura).Sepiring Soto Banjar Bang Amat dapat dinikmati dengan nasi atau lontong. Agar tidak salah pesan, jika pengunjung ingin makan soto dengan nasi, maka pesanlah dengan menyebut nasi sop. Sedangkan, jika pengunjung memesan dengan menyebut soto, itu berarti soto akan dihidangkan dengan lontong. Dalam penyajiannya, Soto Banjar Bang Amat ini  akan dilengkapi dengan irisan separuh telur bebek rebus. Pengunjung juga bisa menambahkan sepotong paha ayam jika berminat. Menu tambahan yang sayang jika tidak dipesan adalah sate ayam. meskipun Meskipun menu ini dapat dipesan terpisah tanpa soto, hampir semua pemesan soto di warung ini menyandingkannya sebagai teman menikmati soto.

Soto Banjar Bang Amat, Kuliner Khas Kalimantan Selatan
Warung Soto Banjar Bang Amat


Racikan Soto Bang Amat di warung ini benar-benar merepresentasikan kekayaan Soto Banjar. Bumbu-bumbu seperti kapulaga, kayumanis, cengkeh, serta bunga sisir diramu ke dalam kuah yang dimasak dengan cara turun-temurun dari lelulur Haji Amat. Jika pengunjung menyeruput kuah soto ini, nuansa yang tercipta di lidah mula-mula adalah gabungan antara cita rasa berat lemak yang dihasilkan irisan daging ayam, telur bebek, serta susu. Kuah Soto Bang Amat ini memang diramu dengan tambahan susu. Begitu kecapan kuah ini berdiam di lidah sejenak, barulah terasa bahwa keberadaan rempah dalam racikan kuah soto ini mampu menawarkan lemak yang terasa di awal. Lemak soto ini akan semakin hilang jika pengunjung menambahkan perasan jeruk nipis yang disediakan. Selain menetralisir lemak, air pesaran jeruk ini juga akan menambah rasa asam kuah.
Irisan daging ayam yang disajikan Soto Bang Amat juga empuk. Selain rasanya yang gurih karena dibuah dengan bumbu yang sama dengan kuah, jumlah irisan daging ayam dalam sepiring soto juga pas dengan komposisi soto. Artinya, jika pengunjung ingin menikmati setiap suapan dengan irisan ayam, jumlah irisan daging ayam tidak akan habis.

Keistimewaan lain juga terletak di menu sate ayam Soto Bang Amat. Bumbu kacang sate ini benar-benar terasa di lidah. Setelah diusut, ternyata kacang yang digunakan dalam pembuatan bumbu bukanlah kacang tanah, melainkan kacang mete pilihan. Tentu saja, bumbu kacang akan lebih lembut dan menciptakan citarasa lebih gurih. Sajian soto dan sate di Warung Soto Bang Amat ini lebih baik jika di padukan dengan minuman dingin, seperti es jeruk maupun es teh. Dua minuman ini akan menetralisir lemak yang terkandung di dalam kuah maupun daging ayam. Selain keistimewaan di atas, lokasi Warung Soto Bang Amat sangat eksotis, yakni berada di tepi Sungai Pengambangan (anak Sungai Martapura). Suasana ini akan membuat acara pengisian perut pengunjung semakin lengkap. Suasana dan nuansa citarasa inilah yang sukar untuk dilupakan, sehingga akan membuat siapa pun yang pernah mengunjunginya berniat kembali lagi.

Harga Soto Banjar per Porsi

Seporsi Soto Banjar Bang Amat dihargai Rp 13.000,00. Sedangkan untuk sepiring sate ayam yang berisi 10 tusuk dihargai Rp 10.000,00. Untuk menu minuman seperti es teh dan es jeruk dihargai Rp 2.000,00. Warung Soto Bang Amat ini terletak di Jl. Banua Anyar RT. 02 No. 56, Kelurahan Banua Anyar, Kecamatan Banjarmasin Timur, Kota Banjarmasin, Indonesia. 

Soto Banjar Bang Amat, Kuliner Khas Kalimantan Selatan


Untuk menuju Warung Soto Bang Amat ini, pengunjung bisa melalui jalan darat dengan sedikit memutar. Namun, pengunjung juga bisa memotong jalur dengan cara menyeberang  dari Museum Wasaka. Hanya dengan membayar Rp 1.000,00 per orang, pengunjung dapat naik kapal kecil atau yang biasa disebut klotok. Waktu yang diperlukan untuk sampai ke Warung Soto Bang Amat hanya 5 menit. Selain menikmati sajian kuliner Soto Banjar, di Warung Soto Banjar Bang Amat ini pengunjung juga akan dimanjakan dengan pertunjukkan live music.Pertunjukan ini berupa sajian musik tradisonal Kalimantasn Selatan, panting yang membawakan lagu-lagu tradisional Banjarmasin seperti Ampar-ampar Pisang, Paris Barantai, Danding,Kambang Goyang, dan lagu-lagu sweet memories lainnya.



SHARE

About Unknown