Masakan Khas
Cari aneka masakan khas
seluruh nusantara.
Home » » Lezatnya Siput Gonggong di Pulau Bintan

Lezatnya Siput Gonggong di Pulau Bintan

Written By Unknown on Rabu, 28 Mei 2008 | 19.54

Lezatnya Siput Gonggong di Pulau Bintan
Siput Gonggong

Jalan-jalan ke Pulau Bintan, Kepulauan Riau, Indonesia, jangan lupa untuk mencicipi gonggongHahh... gonggong? Mungkin Anda akan terkejut ketika mendengar nama makanan ini. Karena, gonggong lebih sering diidentikkan dengan suara anjing. Namun, jangan salah sangka dulu. Di Pulau Bintan, gonggong merupakan nama untuk jenis siput laut, yang hanya terdapat di perairan sekitar pulau ini. Oleh penduduk sekitar, siput laut ini kemudian diolah menjadi masakan yang lezat rasanya. Maka tak salah jika gonggong dikatakan sebagai makanan khas dari Pulau Bintan.

Rasa daging siput gonggong yang telah dimasak sangatlah enak. Tak heran jika penggemar daging siput ini bukan hanya masyarakat Pulau Bintan saja, namun juga dari daerah lain. Banyak orang dari luar Pulau Bintan, bahkan dari luar Kepulauan Riau, yang tidak mau melewatkan kesempatan menikmati siput gonggong jika datang ke Pulau ini. Biasanya, gonggong disajikan dengan cara yang cukup sederhana, yakni direbus bersama dengan garam dan irisan jahe yang berguna untuk menghilangkan bau amis. Untuk menambah cita rasa, gonggong yang telah direbus dapat disantap bersama sambal. Nah, sambal yang disajikan bersama gonggong rebus ini berbeda-beda, bergantung pada warung yang Anda kunjungi. Ada yang menggunakan sambal kacang, sambal tauco, atau sambal kecap.

Untuk memakan siput gonggong dibutuhkan cara khusus, yakni dengan menggunakan bantuan tusuk gigi agar daging bisa diambil dari cangkangnya. Cara menariknya pun harus dengan trik khusus, mengikuti bentuk cangkang siput tersebut. Karena, jika sembarangan dagingnya akan putus dan Anda akan sulit untuk mengorek-ngoreknya lagi.

Harga per Porsi Siput Gonggong

Harga seporsi gonggong memang tidak bisa dibilang murah. Untuk menikmatinya, pengunjung perlu merogoh saku sebesar Rp 25.000,00—Rp 35.000,00. Hampir setiap restoran sea food yang banyak tersebar di Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau, Indonesia, menyediakan gonggong sebagai salah satu menunya.
SHARE

About Unknown