Masakan Khas
Cari aneka masakan khas
seluruh nusantara.
Home » » Kupat Tahu Kuliner Khas Magelang

Kupat Tahu Kuliner Khas Magelang

Written By Unknown on Rabu, 04 April 2007 | 21.17

Kupat Tahu Kuliner Khas Magelang
Kupat Tahu Magelang

Kupat tahu adalah salah satu masakan khas dari daerah Magelang. Masakan tradisional ini terdiri dari potongan kupat dan tahu yang diguyur dengan kuah kacang berbumbu. Kupat adalah sebutan bahasa Jawa untuk ketupat, yang dalam sepiring kupat tahu, diiris dan disajikan bersama dengan beberapa potong tahu goreng serta bumbu kacang menjadi ciri khas utama dari menu kupat tahu.

Kupat terbuat dari nasi putih yang dimasak di dalam bungkus janur kelapa. Sementara bumbunya terbuat dari kacang tanah goreng, bawang putih, serta cabe rawit yang telah dihaluskan. Untuk menambah kenikmatan rasa, bumbu itu ditambah dengan sedikit garam dan kecap manis.      

Di dalam seporsi kupat tahu, terdapat beberapa bahan pelengkap lain, seperti tauge yang telah direbus, kol yang diiris tipis, daun seledri serta taburan bawang merah yang telah diiris tipis dan digoreng. Yang tak pernah ketinggalan dari seporsi menu khas Magelang ini,  adalah kerupuk udang dan beberapa potong bakwan goreng. Bakwan sendiri, merupakan penganan yang terbuat dari tepung terigu yang dicampur dengan wortel dan kol kemudian digoreng.

Sebelum dihidangkan, bumbu kacang kupat tahu terlebih dahulu diracik di atas piring. Racikan bumbu dari menu ini dihaluskan langsung di atas piring yang akan dihidangkan kepada konsumen. Setelah bumbu siap, barulah diberi beberapa potong kupat, bakwan goreng, irisan kol, daun seledri, serta bawang goreng. Setelah semua bahan tertata rapi di atas sebuah piring, barulah kupat tahu itu siap untuk dihidangkan.

Kenikmatan kupat tahu terletak pada komposisinya yang memadu-padankan ketupat yang bercitarasa tawar, dengan kegurihan irisan tahu dan nikmatnya bumbu kacang. Citarasa segar sangat mendominasi masakan khas Magelang ini. Kesegaran itu didapat dari tauge yang dimasak setengah matang. Selain itu, tahun goreng yang biasanya disajikan masih panas, menambah sensasi kegurihan tersendiri, terlebih jika suapan tersebut Anda tambah dengan kuah bumbu kacang.

Bagi penyuka pedas, Anda bisa dibuat berkeringat jika Anda memesan kupat tahu pedas. Pesanan pedas tersebut, biasanya didapatkan dari cabai rawit merah yang disertakan dalam racikan bumbu kacang.

Sementara itu, irisan bakwan goreng, semakin menambah lengkap tekstur makanan, yang menjadi favorit pelancong ke Kota Magelang ini.

Bagi Anda yang menyukai makanan bercitarasa kuat tanpa namun ringan bahannya kupat tahu sangat layak untuk dicoba.

Harga Satu Porsi Kupat Tahu

Di Magelang, Kupat Tahu umumnya dijual dengan harga berkisar empat hingga enam ribu rupiah untuk tiap porsinya (Oktober 2010). Sedangkan bila Anda, berkeinginan untuk menambah porsi irisan bakwan, Anda bisa mendapatkannya dengan harga Rp. 1.000,-.

Kupat Tahu Kuliner Khas Magelang
Warung Kupat Tahu Magelang

Sesuai dengan asalnya, kupat tahu bisa Anda jumpai di Kota Magelang, Jawa Tengah. Di berbagai penjuru kota Magelang, Anda dapat menjumpai warung, rumah makan maupun pedagang keliling yang menyajikan menu kupat tahu. Salah satu warung kupat tahu yang cukup mewakili citarasa, bisa Anda jumpai di dekat pintu masuk Taman Rekreasi Kyai Langgeng, Kota Magelang.

SHARE

About Unknown