Masakan Khas
Cari aneka masakan khas
seluruh nusantara.
Home » » Lontong Balap Kuliner Khas Surabaya

Lontong Balap Kuliner Khas Surabaya

Written By Unknown on Selasa, 24 April 2007 | 21.14

Lontong Balap Kuliner Khas Surabaya
Lontong Balap

Lontong balap adalah makanan berkuah khas asli Surabaya yang tidak didapatkan di daerah lain. Lontong balap ini diracik dari lontong, kecambah, tahu goreng, lentho, kecap, bawang goreng serta sambal petis.

Lalu kenapa disebut lontong balap? menurut cerita dulu, lontong balap masih dijual dalam gentong-gentong yang berat, dan dipikul penjualnya mengelilingi seluruh kota. Gentong-gentong yang berat tersebut, menyebabkan para penjual lontong balap ini harus berjalan cepat-cepat, untuk menghindari beban yang tertahan bila dipikul lebih lambat. Cara memikul inilah yang menimbulkan kesan berpacu (Bahasa Jawa: balapan). Saat ini, meskipun lontong balap lebih sering dijual dalam kereta dorong, namun nama lontong balap tetap tidak berubah.

Sepiring lontong balap berisi lontong, tahu goreng dan lentho. Lentho adalah semacam perkedel yang dibuat dari singkong & kacang tolo. Dalam sepiring lontong balap, lentho disajikan dalam potongan seukuran bit size (sekali kudap). Racikan lonting balap kemudian masih ditambah dengan kecambah (toge) dalam porsi yang generous (besar), lalu diguyur dengan kuah gurih bercitarasa bawang putih. Tak lupa, sepiring lontong balap, lantas ditaburi dengan bawang goreng.

Sebagai sajian kuliner khas yang bercirikan nusantara, lontong balap memiliki citarasa gurih yang menonjol dari kuahnya. Sensasi gurih tersebut, semakin terasa pas di lidah, bila Anda mengudap sesendok lontong balap dengan irisan lentho. Komposisi tersebut akan terasa istimewa sensasi mengunyah lentho yang bertekstur agak keras. Sementara itu, tauge yang memehuni seporsi lontong balap, pastinya akan memberikan nuansa kesegaran. Komposisi yang tak kalah istimewa bisa Anda rasakan bila seporsi lontong balap dikudap dengan sambal petis khas Jawa Timur. Rasa pedas dari petis ini selain menambah nafsu makan, juga akan memperkaya lidah Anda dengan citarasa pedas-manis. Sensasi tersebut masih bertambah bila Anda menambahkan sate kerang yang selalu disajikan sebagai pelengkap longtong balap. Rupa ragam citarasa itulah yang biasanya dinetralisir dengan es kelapa muda.

Selain keistimewaan citarasa di atas, kadar gizi, juga melengkapi wisata kuliner lidah saat mengudap lontong balap. Kebanyakan penikmat lontong balap, mengkui bahwa tauge muda yang memenuhi lontong balap, dipercaya akan menambah fertilitas. Selain itu, komposisi lontong balap juga tidak membubuhkan daging, sehingga sangat menyehatkan. Selain itu, lontong balap juga bisa dijadikan sajian alternatif bagi vegetarian.

Harga Seporsi Lontong Balap

Seporsi Lontong balap bisa Anda nikmati dengan harga yang terjangkau, yakni sekitar Rp 5.000,- (Februari 2009). Sedang untuk pendampingnya, yakni sate kerang, biasa dihargai Rp 1.000,-. Sedangkan satu gelas es kelapa muda, bisa dinikamati dengan harga Rp. 2.000,-.

Lontong Balap Kuliner Khas Surabaya
Penjual Lontong Balap


Kuliner khas lontong balap, bisa Anda jumpai di selueuh penjuru Kota Surabaya. Selain di Surabaya, lontong balap juga masih bisa dijumpai di sekitar kota Surabaya, seperti Gresik, Sidoarjo hingga Lamongan. Ada beberapa warung lontong balap yang terkenal, salah satunya adalah di kawasan Kranggan Surabaya.
SHARE

About Unknown