Masakan Khas
Cari aneka masakan khas
seluruh nusantara.
Home » » Keistimewaan Rujak Cingur Surabaya

Keistimewaan Rujak Cingur Surabaya

Written By Unknown on Senin, 21 Mei 2007 | 19.29

    Keistimewaan Rujak Cingur Surabaya
    Rujak Cingur

    Wisatawan yang berkunjung ke Jawa Timur, utamanya  ke kota Surabaya, jangan lupa mencicipi kuliner khas daerah ini. Namanya rujak cingur. Rujak adalah jenis kuliner yang memadukan antara irisan buah-buahan segar dengan saus atau bumbu yang terbuat dari bahan utama olahan kacang tanah yang digoreng dan cabai. Pada rujak cingur, bahan untuk saus diimbuhi petis  udang untuk menambah rasa lezat. Selain petis udang, yang khas dari rujak  cingur adalah tambahan cingur, yaitu irisan tulang rawan bagian hidung dan  bibir atas sapi.
    Dalam komposisi yang lengkap, rujak cingur biasanya terdiri dari irisan beberapa jenis buah seperti ketimun, bengkoang, mangga muda, nanas, kedondong, dan cingur. Buah-buahan dan cingur tersebut dicampur dengan sayur-sayuran seperti tauge, kangkung, kacang panjang, dan dilengkapi lontong, tahu, dan tempe. Semua bahan tadi dikombinasikan dengan saus atau bumbu yang terbuat dari olahan petis udang, cabai, kacang tanah yang digoreng, bawang goreng, dan garam. Ada juga beberapa warung yang menambahkan mie goreng pada racikan rujak cingur. Untuk penyajiannya, tiap warung biasanya melengkapi rujak cingur dengan kerupuk.

    Penikmat rujak cingur tidak hanya memperoleh rasa  puas pada perpaduan rasa buah, sayuran, dan sausnya yang lezat, melainkan juga kandungan gizinya yang cukup lengkap. Campuran buah, sayur, dan saus pada rujak cingur memiliki kandungan vitamin A, C, dan E, serta protein dari tauge, kacang  tanah, serta tahu dan tempe. Sedangkan karbohidrat terdapat pada lontong,  sehingga dapat menjadi pengganti makan nasi.
    Bagi orang yang kurang berminat menyantap buah atau sayuran, maka sajian rujak cingur dapat menjadi alternatif cara untuk  menikmati buah dan sayuran dengan citarasa yang lebih nikmat. Para penikmat  juga memperoleh kesan lain ketika menyantap rujak dengan tambahan cingur yang kenyal seperti kikil (daging pada kaki sapi). Selain sausnya yang lezat, tambahan cingur dianggap menambah kelezatan rasa rujak cingur.

    Harga Rujak Cingur per Porsi

    Harga tiap porsi rujak cingur bergantung pada tiap rumah makan dan sedikit-banyaknya jumlah cingur yang disajikan. Untuk  warung kecil di pinggir jalan, rujak cingur bisa didapatkan dengan harga Rp  10.000 – Rp 20.000. Sedangkan untuk rumah makan yang lebih besar, bahkan di  restoran, harga rujak cingur mencapai kisaran Rp 35.000 sampai Rp 50.000 untuk  satu porsi.
    Kuliner khas Jawa Timur ini dapat ditemui di kota-kota kabupaten di Jawa Timur, terutama di Ibu Kota Provinsi, Surabaya. Di kota  Surabaya, wisatawan dapat menikmati rujak cingur di warung-warung kecil dan restoran.
SHARE

About Unknown