Masakan Khas
Cari aneka masakan khas
seluruh nusantara.
Home » » Lezatnya Sotong Pangkong Khas Pontianak

Lezatnya Sotong Pangkong Khas Pontianak

Written By Unknown on Kamis, 20 November 2008 | 18.56

    Lezatnya Sotong Pangkong Khas Pontianak
    Sotong Pangkong

    Bagi Anda yang bukan penduduk Potianak, mungkin nama Sotong Pangkong terdengar aneh di telinga, serta membuat Anda bertanya-tanya sebenarnya ini makanan apa. Sotong Pangkong merupakan sebutan untuk penganan berupa cumi kering yang dibakar. Cumi atau sotong ini dalam proses pemasakannya akan di-pangkong atau dipukul-pukul dengan palu supaya lembut dan empuk. Oleh karena itu makanan ini disebut Sotong Pangkong.
    Masyarakat Pontianak sering berujar bahwa nukas puasa tanpa lauk Sotong Pangkong akan terasa kurang nikmat. Karena itu, tidak aneh jika hampir setiap rumah umat Islam di Pontianak selalu melengkapi makanan berbuka atau sahurnya dengan Sotong Pangkong. Rumah-rumah makan atau restoran di Pontianak juga memasukkan makanan ini dalam daftar menu mereka.

    Lezatnya Sotong Pangkong Khas Pontianak
    Cumi Kering

    Sotong Pangkong bisa dijadikan sebagai lauk maupun kudapan di kala bersantai. Makanan ini berbahan dasar cumi yang sudah dikeringkan. Penduduk di beberapa daerah menyebutnya tjuhi, sedangkan masyarakat Pontianak menyebutnya Sotong. Cara pembuatan Sotong Pangkong ini sangatlah sederhana. Sotong kering dipanggang di atas bara atau di atas api yang nyalanya kecil, hal ini bertujuan supaya sotong tidak cepat hangus. Pada saat proses pemanggangan akan timbul aroma yang sangat menggoda bagi siapa saja yang ada di sekitarnya. Setelah matang, Sotong kemudian dipukul-pukul menggunakan palu di atas kayu sampai rata dan serat dagingnya keluar. Hal ini dilakukan supaya tekstur Sotong yang liat dan kenyal menjadi lembut. Jika Anda berminat untuk me-mangkong sendiri Sotong Anda, penjual dengan senang hati akan menyerahkan palunya kepada Anda.
    Sotong Pangkong menjadi semakin lezat bila dinikmati dengan kuah kacang atau kuah pedas manis. Jika Anda beruntung, akan ada penjual yang menyajikannya dengan acar mentimun. Hidangan laut ini terasa sedikit asin dan gurih. Tapi, ketika dilumuri kuah kacang atau kuah pedas, menjadi sedikit asam dan pedas sehingga ketika dimakan akan terasa pedas dan nikmat. Cara memakannya pun terbilang unik. Sotong Pangkong dicelup ke dalam kuah, kemudian diisap-isap sampai hilang rasa sambalnya, Sotong dicelup lagi, diisap lagi. Biasanya itu akan dilakukan berulang-ulang. Setelah itu barulah Sotong dimakan. Oleh karena itu, menikmati sepotong Sotong Pangkong bisa menghabiskan waktu yang lama. Jadi, bagi Anda yang mengaku pecinta hidangan laut, jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati sepotong Sotong Pangkong sembari berbuka puasa di Kota Pontianak.

    Harga Sotong Pangkong per Porsi

    Harga Sotong Pangkong bervariasi tergantung dari besar kecilnya Sotong. Untuk ukuran sedang dijual Rp7.000,00 hingga Rp10.000,00 per ekor, sedangkan untuk Sotong ukuran besar dibanderol dengan harga Rp12.000,00 ke atas.  

    Lezatnya Sotong Pangkong Khas Pontianak
    Penjual Sotong Pangkong

    Pada saat bulan Puasa, Anda dapat menemukan penjual Sotong Pangkong dengan mudah di sepanjang Jalan Merdeka Pontianak, Kalimantan Barat. Para penjual rata-rata menggelar dagangannya antara pukul 17.00 WIB hingga 22.00 WIB. Penjual Sotong Pangkong akan sulit ditemui pada hari-hari biasa, karena mereka biasanya hanya berjualan pada bulan Ramadhan saja. Jikapun ada yang berjualan, harganya relatif lebih mahal dibandingkan harga standar.
SHARE

About Unknown