Masakan Khas
Cari aneka masakan khas
seluruh nusantara.
Home » » Keistimewaan Sego Abang Jirak Khas Gunung Kidul

Keistimewaan Sego Abang Jirak Khas Gunung Kidul

Written By Unknown on Rabu, 15 Oktober 2008 | 23.08

Sego Abang Gunung Kidul

Sego Abang atau nasi merah merupakan hasil produk pertanian di ladang tadah hujan. Di wilayah Gunung Kidul yang bercurah hujan rendah dan jenis tanahnya berbatu, hanya padi tadah hujan yang sanggup tumbuh subur. Sebagian dari jenis padi tadah hujan tersebut menghasilkan nasi berwarna merah dengan cita rasa unik, yaitu tidak lembek dan gurih.Saat ini, beras merah memang sudah jamak beredar di pasaran. Nasi merah bukan sekadar sajian dari beras merah saja melainkan juga sajian penuh gizi. Beras merah yang digunakan untuk membuat Sego Abang dipilih dengan selektif. Mulai dari cara pemetikan padi, pengolahan menjadi beras, hingga penyajian di atas meja. Pemanenan padi sengaja dilakukan helai per helai dengan pemotongan batang padi menggunakan ani-ani.

Padi yang ditumbuk jumlahnya disesuaikan dengan banyaknya beras merah yang akan dimasak. Memasak beras merah pun harus menggunakan tungku tanah liat dengan memakai kayu bakar. Beras harus diaru sebelum kemudian ditanak menggunakan kukusan dari anyaman bambu (soblok). Cara memasak tersebut membuat rasa nasi lebih gurih dan lunak, tetapi tidak lembek.Berbeda dengan nasi putih yang matang hanya dalam setengah jam, nasi merah baru siap dihidangkan setelah dimasak selama sekitar 45 menit. Sandingan menu yang wajib bagi Sego Abang adalah sayur lombok ijo. Sayur ini kaya dengan kuah santan dan diracik dari potongan cabai hijau yang dipadukan dengan tempe kedelai. Tumisan tempe yang digunakan sebagai pelengkap sayur pun bukan tempe sembarangan. Tempe tersebut harus dibuat dengan cara tradisional dan dibungkus daun pisang atau daun jati.

Sego Abang dipadu dengan Sayur Lombok Ijo


Kuah santan dengan racikan bumbu berupa bawang merah, bawang putih, jahe, dan kemiri ini menghadirkan rasa gurih bercampur pedas. Pengunjung yang ingin menambah rasa pedas sayur bisa menambah pesanan berupa sambal terasi serta sambal bawang. Selain sayur lombok ijo, juga tersedia lauk lain untuk pendamping, seperti daging sapi goreng, iso babat goreng, ikan wader goreng, dan urap trancam.

Sego abang dan sayur lombok itu tergolong sebagai makanan khas daerah yang memiliki gizi yang tinggi. Nilai giz tersebut diperoleh dari kualitas beras, cara memasak dan penyajiannya. Beras merah tercatat memiliki kadar protein yang lebih tinggi dibanding dengan beras putih yang dominan karbohidratnya. Selain itu, beras merah dihasilkan dari ladang sawah padi gogo yang tidak menggunakan produk pupuk kimia maupun pestisida. Oleh karena itu, bagi penggemar masakan organik, Sego Abang bisa menjadi pilihan utama. Keistimewaan yang lain adalah bagi penikmat Sego Abang yang sedang menjalani program diet. Mengkonsumsi Sego Abang tidak menggemukkan badan, karena tingginya kadar protein yang terkandung. Sehingga perut tetap kenyang tanpa perlu risau menjadi gemuk.

Harga Satu Porsi Segi Abang Jirak

Satu porsi Sego Abang dijual seharga Rp 2.000 dan sayur lombok hijau Rp 3.000. Sementara, satu piring daging sapi dihargai Rp 40.000, satu piring iso babat Rp 20.000, satu piring ikan wader Rp 15.000, dan Rp 2.500 untuk sepiring urap trancam. Sego Abang dan menu sayur Lombok ijo, dapat dinikmati wisatawan di desa Jirak, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, D.I Yogyakarta.
SHARE

About Unknown