Masakan Khas
Cari aneka masakan khas
seluruh nusantara.
Home » » Tahu Campur Lamongan

Tahu Campur Lamongan

Written By Unknown on Kamis, 13 Maret 2008 | 17.53

Tahu Campur Lamongan
Tahu Campur Lamongan

Tahu campur adalah makanan khas yang dapat Anda temui di Kabupaten Lamongan. Selain lamongan, warung dan rumah makan yang menjual tahu campur juga dapat Anda jumpai di Surabaya dan sekitarnya.

Sekilas, tahu campur hampir mirip dengan kupat tahu, masakan khas dari kota Magelang Jawa Tengah. Namun, tahu campur memiliki kuah yang berbeda sekali dengan kupat tahu. Bila kupat tahu menggunakan bumbu kacang, tahu campur menggunakan petis udang sebagai bahan dasar bumbunya.

Kuah tahu campur mirip seperti kuah tongseng, namun citarasa manis dari petis udang terasa menonjol. Sebelum menghidangkankan tahu tampur, petis udang pertama kali dioleskan di piring, lalu diberi kuah sedikit untuk mengencerkan.  Kemudian di atasnya diberi irisan tahu tipis-tipis, mi kuning, kecambah, irisan perkedel singkong, dan tak lupa untuk memperindah bentuk diberi taburan selada. Semua dicampur menjadi satu.

Untuk lauk pada tahu campur diberi potongan daging lamur, atau urat kaki sapi. Daging ini sebelumnya sudah direndam lama di dalam kuah. Inilah yang terkadang bikin kuah terasa sedap, agak berminyak, dan kuat aromanya.

Sajian tahu campur belum lengkap, tanpa kerupuk udang dan sambal pedas yang menggoda. Semakin membuat orang yang menikmatinya semakin ketagihan dalam setiap sendokannya. Apalagi makanan ini, paling pas dinikmati pada sore hari selagi bersantai.

Komposisi rasa tahu campur pas dilidah, membuat orang ingin terus menikmati kelezatannya. Belum lagi aroma kuah yang terbuat dari komposisi rempah-rempah, sungguh mengundang selera.

Sajian kuliner ini sangat membantu, bila Anda sukar untuk menemukan destinasi wisata kuliber di Lamongan. Sebab meski di beberapa kota besar di luar Kota Lamongan banyak ditemui penjual makanan ini. Namun, rasanya beda bila menikmatinya di kota asalnya.

Harga Satu Porsi Tahu Campur Lamongan

Seporsi tahu campur biasa dihargai sekitar Rp 5.000 – Rp 10.000,-. Dengan harga yang terjangkau dan citarasa yang menggoda, tentu saja tahu campur sangat cocok untuk dipilih sebagai destinasi wisata kuliner Anda. Tahu campur dapat Anda temukan di Kabupaten Lamongan, Surabaya dan sekitarnya. 
Tahu Campur Lamongan
Pedagang Tahu Campur Lamongan

Warung tahu campur biasanya bisa diidentifikasi dengan kekhasan bentuk mulut panci kuah yang tinggi. Selain warung dan rumah makan, tahu campur juga biasa dijual keliling. Biasanya penjual akan meneriakkan kalimat, “Pur…tahu campur,” saat berkeliling.

SHARE

About Unknown