Masakan Khas
Cari aneka masakan khas
seluruh nusantara.
Home » » Sedapnya Sop Ikan Batam

Sedapnya Sop Ikan Batam

Written By Unknown on Selasa, 12 Februari 2008 | 01.35

    Sedapnya Sop Ikan Batam

    Jika Kota Yogyakarta terkenal dengan gudegnya dan Kota Semarang dengan lumpianya, maka Kota Batam terkenal dengan sop ikannya. Letak Kota Batam yang berada di pesisir pantai membuat kota ini memiliki kekhasan dalam berbagai makanan hasil laut. Salah satu yang cukup terkenal adalah sup ikan tenggiri khas kota Batam, atau yang populer dengan nama Sop Ikan Batam.
    Sop Ikan Batam dihidangkan dengan potongan ikan tenggiri yang sebelumnya telah dipisahkan dari tulang-tulangnya. Potongan ikan ini dilumuri dengan putih telur untuk menghilangkan bau amis, kemudian dimasak bersama bumbu rempah-rempah dan dicampur dengan belimbing wuluh dan tomat hijau. Potongan sawi putih ataupun hijau juga turut dimasukkan ke dalam sop ini, untuk semakin mempercantik penampilannya.
    Sop Ikan Batam dimasak dengan kuah bening, hal ini membuat kaldu ikan tenggiri semakin terasa dalam setiap suapannya. Sementara, belimbing wuluh dan tomat hijau mampu menambah rasa asam yang menyegarkan. Sup ini juga dapat disantap dengan menambahkan potongan cabe rawit yang telah disiram kecap asin. Hasilnya, rasa pedas akan menambah kekayaan rasa dalam sop ini. Seporsi Sop Ikan Batam akan semakin nikmat disantap, ketika sedang turun hujan, atau dalam cuaca dingin. Selain itu, kombinasi rasa asam, pedas, disertai kuah yang hangat, dapat membuat badan yang sedang tidak enak, menjadi segar kembali.

    Harga Satu Porsi Sop Ikan Batam

    Dengan merogoh kocek sebesar Rp 25.000,00—Rp 35.000,00, pengunjung sudah dapat menyantap seporsi Sop Ikan Batam beserta sepiring nasi. Jika ingin dibawa pulang, biasanya harga yang dikenakan lebih mahal dari pada makan di tempat. Sop Ikan Batam dapat ditemui dengan mudah di restoran-restoran sea food di Kota Batam, seperti di kawasan Nagoya ataupun Batam Center, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau, Indonesia.
SHARE

About Unknown