Masakan Khas
Cari aneka masakan khas
seluruh nusantara.
Home » » Rahasia Khasiat Wedang Uwuh Khas Imogiri Bantul

Rahasia Khasiat Wedang Uwuh Khas Imogiri Bantul

Written By Unknown on Senin, 07 Januari 2008 | 00.24

    Rahasia Khasiat Wedang Uwuh Khas Imogiri Bantul
    Wedang Uwuh

    Wedang uwuh sudah dikenal hampir di seluruh kawasan Nusantara. Tetapi, wedang uwuh yang satu ini boleh jadi hanya ada di Imogiri, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta, tepatnya di kawasan Makam Raja-raja Mataram Imogiri. Namanya wedang uwuhyang dalam bahasa Jawa berarti sampah. Tentu saja, bila Anda tertarik mengunjungi Makam Raja-raja Imogiri, tidak ada salahnya untuk mencicipi khasiat wedang yang satu ini.
    Sebelum dikenal dengan nama wedang uwuh, mulanya minuman ini dikenal sebagai wedang jahe-cengkeh. Konon, wedang jahe-cengkeh merupakan minuman khusus kerabat raja Kerajaan Mataram Islam pada masa Sultan Agung. Namun, lama kelamaan, setelah masyarakat umum ikut mengkonsumsi minuman ini dan mulai mencampurkan beberapa jenis dedaunan yang lain, maka nama wedang uwuh kemudian mulai dikenal.
    Nama ini muncul karena sebagian bahan yang diracik oleh masyarakat sekitar makam berasal dari dedaunan kering yang sebelumnya hanya dianggap sebagai sampah. Misalnya, daun cengkeh, daun kayu manis, serta daun pala yang banyak berjatuhan di sekitar Makam Imogiri. Ketiga jenis daun ini kemudian dicampur dengan seruas jahe, gula batu, dan irisan secang. Dari bahan-bahan alami inilah wedang uwuh disajikan.

    Seperti wedang jahe pada umumnya, wedang uwuh juga dikenal sebagai minuman yang berkhasiat untuk memulihkan dan menghangatkan kondisi tubuh serta mengobati masuk angin. Akan tetapi, berbeda dengan wedang jahe biasa, wedang uwuh memiliki aroma kuat dari daun cengkeh dan kayu manis dengan kombinasi warna dari secang. 
    Bila diperhatikan, warna wedang uwuh nampak lebih pekat dengan aroma yang khas. Dan jika diminum, maka sensasi hangatnya akan segera mengalir dari kerongkongan hingga lambung. Tentu saja, tak berapa lama butiran-butiran keringat dengan mudah keluar dari tubuh sebagai pertanda khasiat minuman itu mulai bereaksi. Cara penyajian wedang uwuh tergolong mudah. Jahe yang telah ditumbuk dicampur dengan dedaunan untuk direbus. Setelah air mendidih dan berubah menjadi coklat-pekat, maka air tersebut telah siap untuk dipindahkan ke gelas dan dicampur dengan sepotong gula batu sebesar ibu jari kaki. Setelah diaduk secukupnya, wedang uwuh siap untuk dinikmati.
    Wedang uwoh banyak dijual di sekitar Makam Imogiri, sehingga selain berziarah ke makam Raja-raja Mataram para pelancong juga dapat mencicipi wedang uwuh sebagai pengobat lelah. Khasiat alami wedang uwuh dapat memulihkan stamina wisatawan setelah lelah mendaki dan menuruni tangga makam. Selain dapat diminum di tempat, wedang uwuh juga bisa dibawa sebagai oleh-oleh. Karena, para pedagang juga menjual bahan-bahan wedang uwuh yang sudah dalam kemasan lengkap dengan petunjuk penyajiannya.

    Harga Wedang Uwuh 

    Rahasia Khasiat Wedang Uwuh Khas Imogiri Bantul
    wedang uwuh kemasan

    Wedang uwuh dijual seharga Rp 1.000—1.200 per gelas. Namun, jika wisatawan berminat membawanya sebagai oleh-oleh, maka dapat membeli wedang uwuh dalam kemasan seharga Rp 1.500 per kemasannya.  Selain dapat ditemui di warung-warung sekitar Makam Raja-Raja Mataram Imogiri, wedang uwuh juga mudah didapat di Pasar Imogiri, Bantul, DI Yogyakarta, Indonesia
SHARE

About Unknown