Masakan Khas
Cari aneka masakan khas
seluruh nusantara.
Home » » Lembutnya Tekstur Gethuk Magelang

Lembutnya Tekstur Gethuk Magelang

Written By Unknown on Rabu, 20 Februari 2008 | 00.40

    Lembutnya Tekstur Gethuk Magelang
    Getuk Magelang

    Berkunjung ke Magelang, Jawa Tengah, kota yang terkenal dengan obyek wisata Candi Borobudur, terasa kurang lengkap sebelum mencicipi gethukmakanan khas Kota Magelang. Tak ada yang tahu siapa orang pertama yang menciptakan makanan ini,  namun makanan ini sudah dikenal sejak tahun 1940an dan sampai sekarang masih menjadi makanan khas Kota Magelang. Gethuk Magelang dikenal luas karena teksturnya lembut dan rasanya yang khas, yaitu manis dan gurih. Tak hanya itu, gethuk Magelang juga dapat bertahan sampai 2 hari, tidak berlendir dan tidak berbau walaupun tidak disimpan dalam kulkas/lemari es. Makanan ini juga tidak mengandung minyak, sehingga cukup aman untuk dikonsumsi.
    Untuk membuat kue ini caranya cukup mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Proses pembuatannya dimulai dengan mengupas ketela sampai bersih, kemudian ketela itu direbus atau bisa juga dikukus sampai matang. Langkah selanjutnya, ketela rebusan tersebut dihaluskan dengan cara ditumbuk atau digiling sampai benar-benar halus. Setelah itu, diberi bumbu seperti garam, gula kelapa, panili, dan parutan kelapa, lalu dicetak. Parutan kelapa berfungsi sebagai penambah rasa gurih dan sekaligus penghias gethuk, karena selain dicampurkan dengan bahan-bahan lainnya, parutan kelapa juga ditaburkan di atas gethuk yang telah dicetak.
    Gethuk Magelang makin tersohor setelah tanggal 27 April 2003 lalu, Museum Rekor Indonesia (MURI) mencatat gethuk Magelang ke dalam rekor yang ke 894. Rekor tersebut dicapai berkat dibuatnya gethuk sepanjang 162,17 m, lebar 13,6 cm dan tebalnya 2,5 cm. Pembuatan gethuk sepanjang itu merupakan ide dari Wali Kota Magelang, H. Fahriyanto, dalam rangka untuk memperingati hari jadi Kota Magelang yang ke 1.097. Oleh karena itulah, kemudian makanan ini semakin terkenal sampai ke Kota Yogyakarta, Semarang, Purworejo, dan kota-kota sekitarnya.

    Harga Gethuk Magelang

    Gethuk khas Magelang biasanya dijual dengan harga Rp 8.500 per bungkus. Bagi wisatawan yang ingin menikmati kue gethuk, dapat berkunjung ke Kota MagelangJawa Tengah. Di kota ini banyak kios oleh-oleh yang menjual makanan khas tersebut, seperti kios oleh-oleh yang berada di jalan raya Magelang—Blabak, jalan raya Magelang—Secang, Pasar Kebonpolo, Pasar Rejowinangun, dan juga di beberapa rumah makan di Kota Magelang.
SHARE

About Unknown