Masakan Khas
Cari aneka masakan khas
seluruh nusantara.
Home » » Rahasia Kelezatan Sate Bandeng Khas Banten

Rahasia Kelezatan Sate Bandeng Khas Banten

Written By Unknown on Senin, 09 Juli 2007 | 00.57

    Rahasia Kelezatan Sate Bandeng Khas Banten

    Sate bandeng merupakan masakan khas yang terdapat di Kabupaten Serang, Banten. Disebut sate karena ikan bandeng yang telah diolah, dijepit dengan bambu, kemudian dibakar sehingga mirip sate. Konon, masakan ini merupakan ide dari Sultan Banten. Pada masa itu, sultan ingin menyajikan masakan ikan bandeng kepada para tamu tanpa harus merepotkan tamu untuk memisahkan tulang ikan bandeng dari dagingnya. Sejak itulah kemudian sate bandeng mulai dikenal dan menjadi menu masakan khas kerajaan Banten. Sampai saat ini, menu masakan ini masih tetap digemari oleh masyarakat Banten. Hal ini terlihat pada banyaknya warga Banten yang masih menyajikan sate bandeng pada acara perayaan hari-hari besar, upacara pernikahan, maupun hajatan lainnya. 

    Berkunjung ke Banten rasanya kurang lengkap sebelum merasakan kelezatan sate bandeng. Selain rasanya yang gurih dan kaya dengan protein, masakan ini juga unik karena antara daging dan tulangnya sudah terpisah, sehingga memudahkan orang yang menyantapnya. Sajian sate bandeng akan lebih nikmat apabila disantap pada saat masih hangat. Keistimewaan lainnya dari masakan ini adalah kemampuannya bertahan selama tiga hari. Bahkan, masakan ini dapat bertahan hingga satu minggu jika disimpan di dalam lemari pendingin. Karena sate bandeng merupakan menu masakan yang mempunyai nilai sejarah dan tergolong unik, serta jarang ditemukan di kota-kota lain, maka Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Serang-Banten menjadikannya sebagai masakan khas daerah.

    Harga Sate Bandeng Per Porsi


    Rahasia Kelezatan Sate Bandeng Khas Banten
    Sate bandeng per tusuk dijual dengan harga Rp 13.000. Namun, jika pengunjung menginginkan ikan bandeng untuk dimasak di rumah, biasanya harga per ekor ikan bandeng sekitar Rp 8.000 sampai dengan Rp 20.000 hal ini tergantung besar kecilnya ikan. Wisatawan yang ingin menikmati masakan ini dapat berkunjung ke kota Serang-Banten, Indonesia. Di kota ini banyak warung yang menjual sate bandeng.


SHARE

About Unknown