Masakan Khas
Cari aneka masakan khas
seluruh nusantara.
Home » » Rahasia dibalik Kerenyahan Pisang Goreng Pontianak

Rahasia dibalik Kerenyahan Pisang Goreng Pontianak

Written By Unknown on Rabu, 11 Juni 2008 | 20.08

    Rahasia dibalik Kerenyahan Pisang Goreng Pontianak
    Pisang Goreng Pontianak

    Bila Anda berkunjung ke Kota Pontianak, Ibu Kota Provinsi Kalimantan Barat, jangan lupa menikmati salah satu menu andalan daerah yang dijuluki dengan Kota Khatulistiwa ini, yaitu pisang goreng Pontianak. Sebab, pisang goreng Pontianak telah menjadi ikon wisata kuliner kota yang berada di tepi Sungai Kapuas tersebut, di samping aneka makanan dan minuman yang berbahan dasar daun lidah buaya (aloe vera) tentunya.
    Pisang goreng asli Pontianak disayat tipis-tipis menjadi 4 hingga 7 potong, di mana bentuknya menyerupai sebuah kipas. Seiring dengan berjalannya waktu, pisang goreng Pontianak juga mengalami “modifikasi”. Salah satu dari modifikasi tersebut adalah dua buah pisang dijadikan satu dan lalu digoreng, sehingga terkesan lebih besar dari sebelumnya yang hanya terdiri dari satu buah pisang. Begitu juga dengan bentuknya, yang tidak mesti menyerupai sebuah kipas, tapi bisa juga seperti fried chicken, crispy  nugget, atau ayam kremes.
    Maka, bagi Anda yang berada di Kota Pontianak, jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati pisang goreng yang sudah terkenal ke berbagai kota di Indonesia dan luar negeri ini, seperti Malaysia dan Belanda.
    Kekhasan pisang goreng Pontianak terletak pada bahan bakunya yang menggunakan pisang gepok atau pisang nipah. Jenis pisang ini dipilih karena kandungan kadar airnya sedikit sehingga ketika digoreng tidak lembek. Agar aroma goreng pisang lebih harum, minyak yang akan digunakan untuk menggoreng terlebih dahulu diberi daun pandan.  Hal lain yang membedakan pisang goreng Pontianak dengan pisang goreng dari daerah lain di Nusantara adalah pada proses penggorengannya. Bila pisang goreng di daerah lain pada umumnya digoreng satu kali, pisang goreng Pontianak digoreng dua kali pada dua tempat penggorengan yang berbeda. Pada tahap pertama, pisang digoreng setengah matang. Sedangkan pada tahap kedua, pisang digoreng hingga matang. Bahkan, untuk mendapatkan hasil yang lebih garing, pisang tersebut digoreng hingga tiga kali.

    Rahasia dibalik Kerenyahan Pisang Goreng Pontianak
    Proses Menggoreng

    Menu yang enak disantap pada pagi atau sore hari dengan ditemani segelas kopi atau teh ini akan lebih nikmat lagi apabila ditambahkan srikaya, selai, coklat, margarin, dan kacang pada pisang gorengnya.  
    Selain itu, pisang goreng Pontianak juga bisa dijadikan oleh-oleh untuk keluarga atau kolega. Sebab, pisang goreng Pontianak tahan sampai seharian tanpa mengurangi citarasa serta tetap garing dan renyah. Bahkan, pisang yang digoreng separoh matang dapat bertahan tiga hingga empat hari. Setibanya di tempat tujuan, baru digoreng sampai matang.  

    Harga Pisang Goreng Pontianak Per Potong

    Hanya dengan merogoh kocek sebesar Rp 300—600 per potong, pelancong sudah dapat menikmati pisang goreng Pontianak yang empuk dan gurih tersebut. Bagi wisatawan yang berada di Kota PontianakProvinsi Kalimantan Barat, dapat dengan mudah menemukan penjual pisang goreng Pontianak di berbagai tempat di Kota Khatulistiwa tersebut.
SHARE

About Unknown