Masakan Khas
Cari aneka masakan khas
seluruh nusantara.
Home » » Kupang Lontong

Kupang Lontong

Written By Unknown on Kamis, 20 September 2007 | 17.50

Kupang Lontong
Kupang Lontong 

Masakan seafood berbahan utama kupang memang masih jarang dan hanya bisa ditemukan di daerah-daerah tertentu. Di Pasuruan, daging kupang yang lunak diolah untuk dijadikan salah satu jenis kuliner kabupaten yang berbatasan langsung dengan Selat Madura ini, yakni Kupang Lontong. Sesuai dengan namanya, Kupang Lontong adalah menu yang memadukan kupang dan lontong: kupang sebagai lauknya, sedangkan lontong –yang biasanya menjadi teman karib sate– diposisikan sebagai pengganti nasi.

Kupang dan lontong saja belum lengkap untuk mendapatkan rasa yang sempurna. Kupang Lontong wajib disajikan bersama kuah beserta bumbu-bumbu pelengkapnya, termasuk petis. Petis ala Jawa Timur dibuat dari pindang, kupang, atau udang yang dipanasi sampai kuahnya mengental seperti saus atau salad. Petis berwarna hitam atau kecoklat-coklatan dan manis rasanya karena memakai bahan karamel ataupun gula.

Kuah yang digunakan untuk menyiram Kupang Lontong adalah kuah hasil rebusan kupang. Rasanya? Hmmm.. ramai dan unik! Nuansa manis dan asin berpadu menjadi satu. Sedangkan bumbu-bumbu pengiring Kupang Lontong adalah bawang putih yang diiris tipis-tipis kemudian digoreng dan cabai rawit. Bawang goreng dan cabai itu digerus dengan sendok, langsung di atas piring yang akan digunakan untuk menyajikan Kupang Lontong.

Gerusan bumbu lalu diencerkan dengan sedikit kuah rebusan kupang, baru kemudian lontong mulai diiris-iris. Berikutnya, tambahkan lentho yakni penganan yang terbuat dari campuran singkong, kacang kedelai, kelapa parut, dan dibumbui dengan bawang putih, garam, serta gula. Sebagai sentuhan akhir, taburkan bawang goreng di sepiring Kupang Lontong yang sudah siap saji. Namun jangan lupa, Kupang Lontong paling nikmat jika disajikan selagi panas atau hangat. Satu lagi, tiada salahnya jika Anda juga menyertakan sate kerang sambil menyantap Kupang Lontong. Dijamin rasanya akan semakin maknyus!

Bagi Anda yang mengidap alergi makanan laut, jangan khawatir. Kupang Lontong punya pasangan sejati yang ampuh menangkal alergi, yaitu kelapa muda. Begitulah, jika makan Kupang Lontong, minumannya harus es kelapa muda. Selain menyegarkan dan pengusir haus, kelapa muda juga cukup mujarab untuk menetralkan racun atau gejala alergi. Lezatnya Kupang Lontong ternyata juga bergizi tinggi, ditambah dengan kelapa muda yang tidak kalah sehatnya. Nah, tunggu apa lagi?

Tempat Jualan Kupang Lontong

Kupang Lontong
Warung Kupang Lontong

Warung-warung yang menyediakan menu Kupang Lontong dapat dengan mudah Anda temukan di Kabupaten Pasuruan, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Salah satu pusat kuliner Kupang Lontong di Pasuruan adalah di kawasan Pasar Kraton. Di kawasan ini terdapat banyak penjual Kupang Lontong hingga kemudian Kupang Lontong di sini terkenal dengan sebutan Kupang Kraton. Akses menuju Pasar Kraton, yang berjarak kurang lebih 10 kilometer dari pusat Kota Pasuruan, pun cukup mudah. Bila Anda berangkat dari arah Surabaya menuju Probolinggo, Jember, atau Lumajang, Anda akan melewati kawasan Pasar Kraton ini. Biasanya, warung-warung Kupang Lontong di Pasar Kraton Pasuruan buka dari pukul 07.00 pagi sampai dengan pukul 22.00 atau jam 10 malam.

Harga Kupang Lontong

Bandrol harga yang dipatok untuk bisa menikmati sepiring Kupang Lontong terbilang murah namun bervariasi pada tiap-tiap warung, yakni antara Rp5.000,- sampai dengan Rp7.500,- per porsinya. 
SHARE

About Unknown